Kunjungi Tempat Lahir Bung Karno, DPRD DIY Ajak Masyarakat Cintai Pancasila

Kunjungan dan silaturahmi Komisi A DPRD DIY bersama Ketua DPRD Kota Surabaya beserta Wartawan di Lingkungan DPRD DIY dan Surabaya yang berlangsung hangat dan penuh makna diruang Paripurna DPRD. Usai silaturahmi di DPRD Surabaya, Komisi A DPRD DIY dipimpin ketuanya Eko Suwanto dari Fraksi PDI Perjuangan diantar Ketua DPRD Surabaya Adi Sutarwijono mengunjungi rumah dimana Proklamator Bung Karno dilahirkan dijalan Pandeyan kelurahan Peneleh Surabaya.

“Alhamdulillah saya beserta kawan-kawan DPRD dan wartawan DIY hari ini dapat kesempatan mengunjungi rumah dimana Bung Karno dilahirkan. Rasanya seperti melihat matahari terbit, lahir semangat yang menggelora untuk menjaga Pancasila, ideologi bangsa Indonesia yang digali Bung Karno. Kita masuk ke rumah yang diyakini menjadi tempat Bung Karno dilahirkan, rasanya kita semua Kangen Bung Karno, Rindu Pancasila”, ujar Politisi muda PDIP Eko Suwanto.

Eko Suwanto dalam kunjungan tersebut menyempatkan silaturahmi dan berdialog dengan Ibu Jamilah yang saat ini menempati rumah tersebut.

Eko Suwanto beserta pimpinan dan anggota Komisi A DPRD DIY dan wartawan bersama Ketua DPRD Kota Surabaya Adi Sutarwijono melanjutkan perjalanan menuju Museum dimana dulu Bung Karno tinggal, mondok atau kos dirumah HOS Cokroaminoto di Jalan Paneleh VII Surabaya.

“Setelah tadi melihat dari dekat rumah dimana Bung Karno dilahirkan, kita bersyukur bisa mengunjungi kamar Bung Karno di rumah HOS Cokroaminoto. Kita tadi ke lantai 2 dimana Bung Karno tinggal, belajar dan berlatih pidato. Sungguh pemandangan yang luar biasa. Betapa saat itu generasi muda bernama Soekarno punya tekad niat dan hasrat untuk sinau, belajar ilmu pengetahuan sekaligus pembentukan watak & karakter, selain kembangkan kemampuannya berorasi. Betapa tidak mudah mendapatkan buku atau tulisan pentinf saat ini. Berbeda dengan situasi hari ini berkat IT semua informasi nyaris bisa diakses melalui internet. Dari sini kita dapat ambil pelajaran bahwa setiap generasi muda harus belajar dan sekaligus berjuang. Generasi muda harus banyak baca dan berdiskusi, mengasah ketrampilan sekaligus sinau menjadi patriot, menjadi cinta tanah air dan bangsa. Nah media, wartawan memiliki peran strategis untuk menggelorakan nilai-nilai Pancasila bagi rakyat”, ujar Alumni Lemhannas Eko Suwanto.

Eko Suwanto juga mengapresiasi kebijakan Ketua DPRD Kota Surabaya yang bersinergi dengan Pemkot melestarikan tempat-tempat bersejarah ini.

“Matur nuwun mas Adi Sutarwijono, Ketua DPRD yang bersinergi dengan Pemkot berkomitmen dalam merawat dan melestarikan tempat bersejarah di Surabaya, khususnya sejarah Bung Karno. Dimasa yang akan datang semoga tempat-tempat bersejarah itu dapat disempurnakan sehingga bisa menjadi tujuan belajar, rekreasi sekaligus riset atau penelitian”, ujar Ketua Komisi A DPRD DIY Eko Suwanto.

Adi Sutarwijono menambahkan, di DPRD Kota Surabaya juga bersinergi dengan kalangan jurnalis. Media massa adalah tempat yang efektif untuk membantu mempromosikan tentang gagasan-gagasan yang digali dari nilai-nilai Pancasila.

“Pemerataan kue-kue pembangunan di Kota Surabaya, menjadi wujud kongkrit nilai-nilai Pancasila, terutama keadilan sosial,” kata Adi Sutarwijono. (DSu)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *