Politik Pertanahan Jokowi: Jungkirbalikkan Jargon Prabowo, Tanah Dikuasai Elit

Hasto: Jokowi Maruf Pemimpin Baik

Sertifikasi Tanah Rakyat Buktikan Negara Hadir.
1). Jawaban balik cepat dan menohok yang dilakukan Jokowi saat debat, atas penguasaan lahan yang begitu luas yang dimiliki Prabowo, menampilkan kebijakan politik pertanahan Jokowi yang berpihak pada perlindungan tanah untuk rakyat. Jawaban Jokowi tsb telah memutarbalikkan logika “tanah dikuasai elit” yang selama ini menjadi jargon kampanye Prabowo hingga Amien Rais. “Politik Pertanahan untuk rakyat hanya bisa dilakukan oleh pemimpin baik, yang menempatkan kepentingan rakyat di atas segalanya. Pemimpin yang memahami hakekat tanah untuk rakyat, dipastikan tidak akan mengambil kebijakan bagi-bagi lahan, atau pemberian ijin besar-besaran atas penguasaan lahan kepada elit sebagaimana terjadi di pemerintahan sebelumnya”

2). Karena itulah mengapa politik pertanahan Jokowi membikin heboh. “Sebab sosok seperti Prabowo dengan tanahnya yang begitu luas, dan demikian halnya dengan Amien Rais dengan lahan-lahannya di Yogyakarta langsung mati kutu dan jargon kampanye tanah dikuasai elit pun menjadi tidak laku, dipatahkan oleh politik pertanahan kerakyatan Jokowi tsb”

3). Kebersamaan dengan KH Maruf Amin, akan semakin memerkuat kebijakan politik pertanahan Jokowi. Mengapa? Sosok KH Maruf Amin sebagai ulama mampu hadir sebagai pengayom di dalam menyelesaikan berbagai konflik atas tanah. “Sertifikasi lahan rakyat akan menjadi kebijakan yang semakin masif. Lindungi tanah rakyat melalui sertifikasi. Maka potensi pertumbuhan perekonomian ekonomi karena valuasi kekayaaannya yang paling berharga pun dilakukan oleh negara. Sertifikasi lahan rakyat adalah bukti negara hadir di era pemerintahan Jokowi”

4). Pemimpin baik menempatkan hak rakyat atas tanah sebagai prioritas. Selamat tinggal jargon Prabowo. Sebab ternyata dia menjadi bagian dari segelintir elit yang menguasai lahan yang begitu luas tersebut.
#JokowiMarufAminPemimpinBaik

Hasto Kristiyanto
Sekjen PDI Perjuangan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lewat ke baris perkakas