Sebagai Destinasi Wisata Yogyakarta Perlu Penguatan Aspek Lingkungan

Yogyakarta, Unsur pariwisata memang menjadi unggulan bagi Daerah Istimewa Yogyakarta atau DIY, sehingga sebagai tujuan wisata terbesar ke dua setelah Bali harus mampu bebenah diri, mengingat semakin banyaknya tujuan wisata uang menarik se seantero Nusantara ini. Maka penguatan aspek lingkungan menjadi bagian penting di dalamnya . Itulah poin yang menjadi bahan pembicaraan dengan Dr Tasdiyanto Pakar Lingkungan Hidup .Disela uji kompetensi para profesional lingkungan pada Sabtu (22/2) di hotel Shapire Jogja.

Kekuatan aspek lingkungan bukan hanya semata pada kawasan hijau ekosistem saja,tetapi juga lingkungan budaya dan alamnya . Jika kita perhatikan kekuatan pariwisata yang ada di Bali juga bertumpu pada aspek lingkungan budaya yang ada , dimana bumper eksotika nya pada lingkungan budaya dan keindahan alamnya,ujar Tasdiyanto yang juga saat ini menjabat sebagai Sekjen Komnas HAM.
Selanjutnya Tasdiyanto menjelaskan bahwa Yogyakarta juga perlu memperkuat lingkungan kebudayaan yang ada sehingga akan menambah daya pikat nya.
Saat ini ada kekuatiran bahwa kita terlalu berat atau sulit mempertahankan lingkungan budaya yang ada karena perkembangan jaman yang ada , oleh karena itu tugas tersebut bukan hanya tugas pemerintah semata tetapi juga tugas masyarakat secara bersama sama melihat bahwa budaya di Yogyakarta menjadi salah satu kunci keberhasilan dunia pariwisata nya ,tambah Tasdiyanto.
Diterangkan pula bahwa lingkungan budaya tidak semata mata pada bentuk bentuk kesenian saja ,tetapi pada pola tingkah laku masyarakat nya yang unik dalam dimensi budaya .
Belum lagi lingkungan alam yang menjadi tujuan wisata yang ada , penataan lingkungan lam dan panorama juga harus mampu secara konsisten dan berkualitas menampilkan bentuk bentuk Indan dan eksotis,pada poin inilah diperlukan sentuhan kreativitas para pelaku dunia pariwisata , dan pemerintah akan memfasilitasi halnhal tersebut,tegasnya.
Tasdiyanto juga meyakini bahwa pembangunan kepariwisataan di Yogyakarta bertumpu pada keharmonisan antara alam ,manusia serta nilai nilai budaya di dalamnya .(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *