Top! Jokowi Perintahkan Polri Salurkan Bantuan untuk Awak Angkutan

Mantap. Presiden Jokowi pun memerintahkan Polri untuk menyalurkan bantuan wabah Covid-19 kepada para awak angkutan mulai opang sampai kernet truk, dari sopir truk, bis sampai sopir bajaj. Pertimbangan Jokowi tentang pelaksanaan program diperintahkan kepada Polri karena jaringan dan data sahih dimiliki kepolisian.

Penyaluran oleh Polri ini dipastikan akan tepat sasaran. Terlebih lagi penyaluran berupa uang diberikan lewat Bank BRI.

Perhatian Presiden Jokowi menyeluruh, menyasar seluruh lapisan masyarakat terdampak Corona Covid-19. Selain ojol yang paling kenceng berteriak, kelompok silent alias diam namun berperan penting dalam transportasi publik, sopir angkot, angkutan barang, truk sampai becak mendapatkan perhatian.

Mereka tetap harus beroperasi melayani warga secara terbatas di tengah wabah Corona – dengan menerapkan social distancing, mematuhi Protokol Kesehatan.

Selain itu tentu kegiatan ini merupakan implementasi Maklumat Kapolri Idham Aziz untuk mendukung kebijakan Presiden Jokowi pun ditindaklanjuti dengan pekerjaan nyata oleh Polri. Polri memiliki data yang sangat valid terkait dengan data pengemudi, misalnya truk, bis dan lainnya.

Tak hanya itu, sopir angkot, sopir bajaj, bemo, opang (ojek pangkalan) bahkan para sopir rental dan antar kota juga mendapatkan bantuan. Yang menarik adalah Polri juga memerhatian sopir atau kusir andong / delman dan tukang becak.

Menindaklanjuti perintah Presiden Jokowi, Kapolri Jenderal Idham Aziz menugaskan Korlantas Polri untuk melaksanakan program bantuan keselamatan melalui pelatihan Program Keselamatan 2020. Ini bagian dari upaya mendukung penanganan wabah Covid-19 di bidang keselamatan dan lalu-lintas.

“Ada bantuan berupa uang Rp600 ribu per bulan yang disalurkan lewat BRI untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga,” kata Kakorlantas Polri Irjen Pol Istiono di Jakarta Rabu (15/4).

Korlantas Polri telah memiliki data sahih 197,256 orang di seluruh Polda di Indonesia. Secara serentak di seluruh 34 Provinsi di Indonesia akan dilakukan pemberian bantuan sebesar Rp 600 ribu dalam tiga tahap selama tiga bulan April-Mei, Mei-Juni, Juni-Juli 2020.

“Mitra lalu lintas seperti pengemudi berbagai angkutan penumpang dan barang juga terdampak secara ekonomi secara drastis akibat Covid-19, yang sudah terdata akan dibantu dengan program Keselamatan 2020,” papar Irjen Istiono.

Yang sangat menarik dari Program Keselamatan 2020 ini adalah bahwa program bantuan diawali dengan pelatihan untuk para awak transportasi tersebut. Materi pelatihannya tentang pencegahan Covid 19 dan pelatihan keselamatan berlalu lintas.

“Setelah pelatihan yang dilakukan dengan tetap mematuhi Maklumat Kapolri dan social distancing serta physical distancing, maka para awak angkutan akan menerima bantuan tersebut,” kata Irjen Pol Istiono.

Nah dukungan penyaluran bantuan penanganan wabah Covid-19 oleh Polri atas perintah Presiden Jokowi, administrasi BRI, data dan pelaksanaan tepat sasaran oleh Korlantas Polri, diharapkan akan meringankan beban masyarakat khususnya mitra lalu lintas yang tentu terdampak akibat wabah Covid-19. Bravo Polri! (Ninoy Karundeng).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *